Get Adobe Flash player

Belajar Profesi Pemadam Kebakaran

Tak banyak anak mengenal profesi Pemadam Kebakaran. Dari 22 murid KBA (Kelompok Bermain Alam) Budi Utama, hanya beberapa di antaranya yang paham dan tahu. Guna menambah pengetahuan, para siswa KBA Budi Utama diajak berkunjung di UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kecamatan Jambangan.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa diperkenalkan tugas pemadam kebakaran. "Jika ada kebakaran di rumah-rumah atau di tempat umum, maka yang bertugas memadamkan api itu ya Om Abu dan teman-teman," kata salah seorang petugas PMK, Abu Hanifah menjelaskan pada para siswa.

Ia pun mengimbau pada para siswa agar lebih berhati-hati agar tak sampai terjadi kebakaran. "Kalau dirumah jangan mainan korek api, biar tidak sampai terjadi kebakaran. Main api itu bahaya, hati-hati," imbaunya.



Tak hanya dikenalkan tugas PMK, para siswa juga diajak mengenal berbagai peralatan yang biasa digunakan untuk memadamkan kebakaran. Mulai dari helm, jaket, masker, selang, alat pemadam ringan, hingga mobil pemadam.

Pengenalan peralatan semakin diminati para siswa saat diajak memegang dan diajari cara penggunaannya. Bahkan, tak sedikit dari para siswa yang menaiki bagian atap mobil pemadam yang cukup tinggi.

Saat sirine dan lampu mobil PMK dinyalakan, para siswa pun kian tertegun dengan gemuruh sirine dan silauan lampu berwarna merah.

 

Mengakhiri kunjungan tersebut, para siswa dengan bunda pengajar KBA Budi Utama bersama dengan para petugas PMK dengan berpose untuk berfoto bersama di belakang mobil PMK. (rizal)

Program Kami