Get Adobe Flash player

KBA Budi Utama Berpetualang ke Pulau Madura

 

Proses belajar akan terasa jenuh jika hanya berada di dalam ruangan. Jika di Kelompok Bermain Alam (KBA) Budi Utama biasanya belajar sambil bermain outbound, sebagai pelajaran ekstra para siswa diajak berpetualang ke Pulau Garam, Madura.

Di mulai sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB para murid berkumpul di sekolah KBA Budi Utama yang berlokasi di Rolak Outbound Kids Surabaya, Jalan Raya Karah No 4 Surabaya. Dengan menggunakan mobil, para anak didik diantarkan ke Madura melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sesampainya di pelabuhan, para siswa pun mulai diperkenalkan dengan kapal laut. Saat naik di atas kapal, dengan antusias para siswa menengok kaca jendela sembari memandangi hamparan laut di Selat Madura. “Melalui kegiatan ke Pulau Madura ini, para siswa juga dikenalkan alat transportasi laut, yani kapal fery,” kata Anita Mauliyah M.Pd, Bunda pengajar di KBA Budi Utama.

Saat tiba di Pelabuhan Kamal Bangkalan Madura, petualangan pun dilanjutkan menuju Jembatan Suramadu. Sepanjang perjalanan menuju jembatan terpanjang di Asia Tenggara itu, para murid juga belajar mengobservasi aktivitas masyarakat Madura.

Jelang memasuki Gerbang Suramadu, para siswa pun makan siang bersama dengan orang tua dan bunda pengajar. Berselang 30 menit perjalanan pun dilanjutkan. Sesampainya memasuki gerbang tol Suramadu, rasa kagum atas kemegahan Suramadu pun menyita perhatian para murid.

“Jembatannya besar sekali,” kata Amien salah satu murid. Sesekali para murid juga menoleh kiri dan kanan melihat hamparan laut luas yang banyak dihiasi kapal. Sesaat mobil melaju meninggalkan jembatan sepanjang lebih dari 5 KM tersebut, pandangan para murid pun masih tak lepas dari kemegahannya.

Kembalinya di Surabaya, para murid pun mampir dan menyapa Pak Polisi yang berada di Pos Polisi Suramadu di kawasan Kedung Cowek. Di dalam pos, mereka bersalaman dengan para petugas keamanan dan juga menyempatkan berfoto bersama dengan bergaya di depan mobil patrol polisi.

Saat terik mulai meninggi, petualangan pun diakhir dan para siswa pun kembali ke sekolah. Rasa lelah tak terasa. Keceriaan saat pagi masih terjaga. Pengalaman ke Madura pun menjadi momen istimewa mengisi kisah petualangan mereka. (rizal)

Program Kami