Get Adobe Flash player

KBA Budi Utama Mengenal Sejarah Surabaya

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno pernah berkata, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan jasa para pahlawannya. Guna memahai nilai-nilai sejarah bangsa, Kelompok Bermain Alam (KBA) Budi Utama menggelar jelajah mengenal sejarah Surabaya.

Penjelajahan dimulai sejak pagi dari Museum HoS of Sampoena. Dengan menggunakan fasilitas bus heritage track, para siswa diajak berkeliling Kota Pahlawan. Destinasi pertama yakni di Tugu Pahlawan.

Di Tugu Pahlawan, para murid pun diberikan sekelumit cerita tentang pahlawan. Dari Bung Karno dan Bung Hatta yang patungnya menghiasi pintu masuk Tugu Pahlawan, hingga diajak menyentuh tugu Pahlawan yang bentunya menyerupai pensil.

Lalu perjalanan dilanjutkan menuju kantor PT Perkebunan Nusantara XI ynag berlokasi di wilayah Krembangan. Dengan bangunan arsitektur Belanda, para murid di kenalkan dengan kantornya pabrik gula tersebut. Di dalam ruangan yang megah dengan nuansa bangunan eropa tersebut, mereka juga dikenalkan dengan tanaman tebu.

Setelahnya kembali ke kantor Hos of Sampoerna, para murid diajak berkeliling melihat pameran kesenian hingga berlanjut ke Gedung Kesenian Cak Durasim yang berada di Jalan Genteng Kali. Disana, mereka diajak berkeliling dan melihat panggung pertunujukan seni di pendopo dan panggung sendratari outdoor.

Di akhir penjelajahan, para murid diajak berkunjung ke Gedung Negara Grahadi yang terletak di Jalan Gubernur Suryo. Para murid pun menyempatkan duduk di teras depan Grahadi sembari memandangi pilar-pilar gedung yang cukup tinggi dan besar. Sesekali mereka juga menyempatkan diri berfoto di gedung yang dibangun oleh kolonial Belanda tersebut. (rizal)

Program Kami